Caption aligned here

CPL

No. Capaian Pembelajaran  (CP)
1 Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris jenjang Magister (level 8 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
2 Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris jenjang Magister (level 8 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut :
a. Mengembangkan teori-teori pembelajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan keilmuan lain;
b. Menguasai teori, pendekatan, ragam dan penilaian pembelajaran Bahasa Inggris melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
c. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah Pembelajaran Bahasa Inggris secara logis, kritis, inovatif dan kreatif, baik masalah internal maupun eksternal;
d. Menguasai teori pembelajaran pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT;
e. Menguasai teori dan aplikasinya dalam pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Inggris ;
f. Menguasai teori dan aplikasi penelitian pembelajaran Bahasa Inggris melalui pendekatan inter dan multidisipliner
3 Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris jenjang Magister (level 8 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
1) Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
2) Melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
3) Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
4) Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
5) Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
6) Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
7) Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
8) Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
4 Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris jenjang Magister (level 8 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan khusus sebagai berikut :
a. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat pre advanced;
b. mengembangkan kurikulum dan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai teori pengembangan kurikulum;
c. mengembangkan perangkat dan desain pembelajaran Bahasa Inggris secara baik dan tepat;
d. mengembangkan media, alat dan bahan ajar pembelajaran pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT;
e. mendesain penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris secara tepat;
f. melaksanakan penelitian ilmiah dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris dan dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi.
Text, that where it came from it Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts. Separated they live in Bookmarksgrove right at the coast of the Semantics, a large language ocean. A small river named Duden flows by their place and supplies it with the necessary regelialia. It is a paradisematic country, in which roasted parts of sentences fly...
Read More
Pekanbaru – Dalam upaya mempercepat birokrasi dan meningkatkan kualitas data pendidikan tinggi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi). Mengangkat tema “Transformasi Digital Layanan Prodi”, kegiatan ini menjadi langkah krusial dalam menyelaraskan tata kelola data akademik dengan standar nasional yang ditetapkan Kemendikbudristek. Menuju Ekosistem Digital yang Terintegrasi Acara di laksanakan di ruang senat gedung rektorat lantai 5 berlangsung secara khidmat...
Read More
Lingkungan Akademik yang Kondusif Perkuliahan Tadris Bahasa Inggris di jenjang Magister (S2) Pascasarjana UIN Suska Riau diselenggarakan dalam suasana yang akademis, profesional, dan penuh kolaborasi. Sebagai program studi yang fokus pada pendidikan bahasa, penekanan utama diberikan pada pengembangan kompetensi pedagogik, linguistik terapan, dan metodologi penelitian yang mendalam. Ruang kelas Pascasarjana umumnya didesain untuk mendukung diskusi dan presentasi. Fasilitas seperti TV Tron, koneksi internet, dan AC yang memadai memastikan proses belajar...
Read More
Siak Sri Indrapura, 14 November 2025 – Program Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau sukses menggelar kegiatan International Community Service Collaboration pada hari Kamis, 14 November 2025. Kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini merupakan hasil kolaborasi dengan dosen dari Universiti Sains Malaysia (USM) dan mengusung tema penting: “Cross-Nation Learning: Exploring Indonesian and Malaysian School Systems”. Acara yang dilaksanakan di Auditorium MTsN 1...
Read More
SKJ Rabu Pagi: Membangun Kebugaran dan Kebersamaan Setiap hari Rabu pagi, suasana di Kampus Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau selalu dipenuhi semangat dan energi yang berbeda. Tepat pukul 07.30 WIB, kegiatan rutin Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) mulai digelar di halaman atau area terbuka kampus. Kegiatan ini menjadi agenda wajib yang mempertemukan seluruh dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan para Kepala Sub Bagian (Kasubag). Jauh dari suasana akademik yang formal,...
Read More
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Tenaga Kependidikan pada Selasa, 12 November 2025, bertempat di Aula Rektorat Lantai 3. Kegiatan ini diikuti oleh tenaga kependidikan dari berbagai fakultas serta para CPNS Pascasarjana UIN Suska, yang hadir khusus untuk mengikuti sesi kedua pembinaan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen kampus dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dan profesionalisme aparatur. Pada sesi kedua, para tendik...
Read More
1 2 3 11